Patbingsoo, Surga Es Serut Ala Korea

Bukan cuma dramanya saja yang nge-hits, restoran Korea juga ikut booming di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Dulu saya agak takut kalau mau masuk restoran Korea karena kesannya eksklusif banget, tapi sekarang jenis restorannya bervariasi, dari yang fast food, bbq, ala makanan kaki lima, bahkan fine dining yang harganya selangit. 

Dari sekian banyak serbuan resto Korea, salah satu yang paling ingin saya coba adalah Patbingsoo. Cabang restoran ini sudah banyak, salah satunya di Summarecon Mall Serpong. Letaknya di bagian luar mal, di area Downtown Walk.


Seperti yang tertulis di bagian depan daftar menunya, di Korea Patbingsoo adalah dessert populer yang biasa dimakan di musim panas bersama keluarga. Biasanya terdiri dari es serut, ditambah susu kental manis, es krim atau buah-buahan dan makanan manis lainnya. Baru membaca deskripsinya saja saya sudah ngiler, apalagi melihat foto-foto di buku menunya.


Tapi di sini nggak cuma menjual aneka es serut, ada juga makanan besar dan kecil. Tapi tetap saja highlight-nya adalah Korean dessert.  Dengan desain interior mirip stasiun dan gerbong kereta, tempat ini cukup nyaman buat hang out. Semua sitting area terletak di lantai atas. Lantai bawah cuma jalan masuknya saja. Spot asyik buat nongkrong menurut saya tentunya di dekat jendela yang modelnya kayak jendela kereta. Itu asyik banget buat ngobrol sambil makan dan menikmati pemandangan di luar mal.













Kebetulan kami ke sini untuk makan malam, jadi kami tak sempat mencoba bermacam-macam es serut yang menggoda. Kami pesan Red Devil Ball, yaitu
bola-bola daging sapi berbumbu dengan nasi mentega dan saus merah pedas yang rasanya creamy banget. Kayaknya dicampur keju dan krim. Asli deh, makanan ini leker banget. Nggak nyangka juga rasanya bakal selezat itu.


Lalu kami juga pesan Beef Dub Bap, sejenis bibimbap dengan daging sapi. Jangan membayangkan porsi bibimbap yang besar seperti biasanya, karena Beef Dub Bap ini cuma semangkok kecil. Tapi jangan salah, biar kecil rasanya besar. Tiap unsur di mangkoknya enak banget, apalagi daging sapinya. Kayak dibumbui bulgogi, dan dagingnya empuk banget. Kimchi-nya juga enak, nggak terlalu asam.


Untuk side dish, kami pesan Spicy Chicken Popcorn, yaitu potongan daging ayam tanpa tulang yang digoreng tepung dan diberi balutan bumbu manis pedas, dan dicampur tteok, alias kue beras khas Korea. Biasanya rasa hambar tteok itu agak mengganggu buat saya, karena mengurangi cita rasa keseluruhan makanan. Tapi yang ini tidak sama sekali. Malah enak banget! 


Tak ketinggalan, kami juga pesan dessert es serut. Berhubung perut sudah hampir kenyang, kami memilih es serut yang light, dan tak banyak tambahannya, Seoul Bingsoo, yaitu es serut rasa peach, dengan potongan jelly dan  peach di atasnya dan sirop markisa untuk disiramkan ke atas esnya. Rasanya seger banget dan memang nggak bikin eneg setelah makan sebanyak itu. Semangkok pas buat berdua, karena porsinya lumayan besar. 


Sayang sekali di sini tidak disediakan teh hijau. Padahal saya penggemar teh hijau, apalagi kalau bisa refill, hehehe. Jadi saya minum air mineral saja, standar. Namun demikian, makan di sini seru, kok. Soal harga memang agak di atas rata-rata. Tapi nggak bikin kaget. Masih masuk akal. Untuk dessert rata-rata 50 ribuan. Menurut saya, sebanding dengan rasanya. Selain itu pelayanan di sini oke. Pilihan menunya juga variatif, terutama es serutnya. Hanya saja restoran ini menyediakan pork, jadi bagi mereka yang tidak makan pork, harap teliti membaca menu.


Patbingsoo 
Summarecon Mall Serpong, 
Lantai Ground, Downtown Walk, 
Jl. Boulevard Gading Serpong,
Tangerang
telp: 021-29310393
instagram: @patbingsooid  




Comments